Penjelasan dan Perbedaan Partisi Hardisk GPT dan MBR, BIOS UEFI dan LEGACY

Partisi Hard disk
adalah membuat beberapa bagian-bagian dalam hard disk untuk di bagi menjadi beberapa partisi (Local Disk ), Contoh Seperti Local Disk C, D dan E, itu merupakan suatu kesatuan sebelum di partisi.
Struktur Partisi sangat bergantung pula pada firmware komputer yang dipakai seperti :
  • Basic Input / Output System (BIOS) . Menggunakan struktur partisi Master Boot Record (MBR).
  • Extensible Firmware Interface (EFI) Kelas 1 . Menggunakan struktur partisi GUID Partition Table (GPT).
  • Bersatu Extensible Firmware Interface (UEFI) Kelas 2 : Menggunakan struktur partisi GPT. Juga termasuk modul dukungan kompatibilitas (CSM) yang memungkinkan Anda untuk menggunakan fungsi BIOS, termasuk struktur partisi MBR. Modul ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan di firmware.
  • Bersatu Extensible Firmware Interface (UEFI) Kelas 3 : Menggunakan struktur partisi GPT
Baca :
membuat Bootable OS USB UEFI 
membuat Bootable OS USB Legacy

Partisi komputer berbasis BIOS menggunakan sistem file MBR (Master Boot Record), sedangkan  Disk yang menggunakan Tabel Partisi GUID (GPT) merupakan komputer yang berbasis EFI.
Sistem Drive MBR harus mempunyai peryaratan sebagai berikut :
  • Hanya mampu mempunyai 4 partisi standar, dan partisi standar ini merupakan partisi utama.
  • Setiap partisi hanya mampu mempunyai ruang maksimal 2 TB saja, karena dapat mengganggu kompabilitas aplikasi dan solusi perangkat lunak pemulihan apabila melebihi batas.
Delfault BIOS / MBR Partisi




BIOS: Untuk menggunakan lebih dari empat partisi
  1. Tentukan salah satu dari empat partisi standar sebagai partisi extended . Partisi extended adalah partisi khusus yang dapat dibagi menjadi partisi tambahan yang disebut partisi logical . Anda dapat membagi partisi extended menjadi beberapa partisi logis dapat muat pada disk Anda. Sebuah partisi extended tidak dapat menyimpan file, yang dapat menyimpan hanya partisi logic.
  2. Tambahkan partisi logis untuk drive. partisi Logical dapat menyimpan data.
Komputer Berbasis UEFI
Maka Hard disk harus di format dengan menggunakan sistem file yang berupa Tabel partisi GUID (GPT) dan untuk Drive tambahan bisa menggunakan GPT atau MBR format file.

Sistem Drive GPT harus mempunyai peryaratan sebagai berikut :
  • Sebuah partisi EFI System (ESP) Setiap drive bootable harus berisi ESP. Komputer akan melakukan booting partisi ini. Untuk Advanced Format Generation One (4-KB-per-sektor) drive, ukuran minimum partisi ini adalah 260 MB. Untuk awal drive 512-byte-per-sektor, ukuran minimum partisi ini adalah 100MB.
  • Microsoft ® Reserved Partisi (MSR) Sebaiknya Anda menambahkan MSR ke setiap drive untuk manajemen disk. MSR adalah partisi milik yang tidak menerima ID partisi. Hal ini tidak bisa menyimpan data pengguna. Ukuran partisi MSR adalah 128 MB.
  • Sampai dengan 128 partisi primer, Anda dapat menggunakan partisi primer untuk menyimpan file dan utilitas, setiap drive bootable harus berisi sistem operasi, seperti Windows dan juga Setiap partisi dapat memiliki maksimal 18 exabyte (EB) ruang.

Delfault UEFI / GPT Partisi





Sumber : Microsoft