Cara mudah membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 dengan rufus terbaru

Untuk Membuat Bootable USB flasdisk untuk Install Windows 7, 8 dan 10 menggunakan rufus, kita perlu siapkan beberapa file Windows yang berbentuk Iso dan Aplikasi Rufus.

Sebelum lanjut pembahasan Cara membuat Bootable Windows 7, 8 dan 10 usb flash drive, agar lebih mengetahui apa yang di maksud Bootable flashdisk ? dana Apa yang di maksud Rufus ?

Bootable flashdisk adalah membuat suatu file boot yang dimasukan di flashdisk bersama File Windows agar flashdisk dapat booting,  untuk proses Install Windows PC, komputer, laptop dan lain-lain.

Sedangkan untuk Rufus adalah suatu alat atau aplikasi yang membantu membuat file boot bersama file Windows di masukan ke USB flashdisk.

Tentu untuk Install Window menggunakan flashdisk ada suatu proses membuat file boot terlebih dahulu, tidak hanya melakukan copy file windows ke flashdisk saja. Jika file boot ini di abaikan maka flashdisk yang berisi file windows tidak melakukan booting pada saat install windows.

Ok. Langsung saja cara menggunakan Rufus untuk membuat Bootable Flashdisk OS Windows 7, 8 dan 10.  Disini saya menggunakan Bootable USB flshdisk tipe legacy.

Baca :
Membuat Bootable OS USB Flahdisk UEFI
Partisi Hardisk MBR dan GPT

Bootable Flashdisk Windows menggunakan Rufus
Bootable Flashdisk Windows menggunakan Rufus
  1. Silahkan Download di link berikut 
  2. Buka aplikasi rufus, dan siapkan file windows 7, 8 dan 10 dalam bentuk iso
  3. Masukan flashdisk, pilih flashdisk yang dibuat, jika satu flashdisk auto deteksi.
  4. Click select untuk memasukan file windows 7, 8 dan 10 iso
  5. untuk partisi schema pilih MBR untuk membuat Bootable OS USB legacy, dan GPT untuk membuat Bootable OS USB UEFI.
  6. Kemudian Click start, proses sekitar kurang lebih 5-10 menit.

Ok, berikut cara membuat Bootable USB flashdisk Windows 7,8 dan 10 menggunakan Rufus terbaru untuk Install Windows di PC, Komputer, Laptop, netbook.
Tentu mudahkan Silahkan di coba, semoga bermanfaat, terima kasih.

Comments